15+ Tips Menjadi Karyawan Terbaik

Menjadi seorang karyawan yang sukses tentu tidak mudah, Anda harus dapat menyelesaikan berbagai macam tugas-tugas yang diminta.

Anda harus dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja, setiap tugas tentunya mempunyai resikonya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa tips agar sukses dalam pekerjaan.

1. Bersikap sebagai seorang profesional

Ketika Anda sedang bekerja tentunya harus serius dan tidak boleh main-main.  Anda harus dapat membedakan dimana saatnya untuk bercanda dan dimana saat sedang serius. Anda juga harus memiliki kepribadian yang baik dan menyenangkan, agar orang merasa nyaman bekerja sama dengan Anda. Ketika Anda banyak bermain-main tentunya tugas tidak akan selesai tepat pada waktunya.

2. Belajar untuk menerima kritikan dengan lapang dada

Ada banyak sekali kritik dan saran yang akan diberikan oleh orang-orang yang ada di sekeliling Anda, baik dari atasan, rekan kerja atau rekan lainnya. Kritikan yang diberikan pada dasarnya baik, karena hal itu dapat membuat Anda menjadi lebih baik, namun ada kalanya kritikan yang diberikan dapat membuat Anda merasa sakit hati. Sebaiknya tidak mudah emosi, tunggu hingga emosi mereda dan coba bicara pada mereka tentang perasaan Anda mengenai kritikan tersebut. Katakan juga bahwa Anda bersedia menngubah beberapa hal yang dianggap tidak baik dalam pekerjaan.

3. Belajar menjalankan tugas dengan baik

Setiap pekerjaan tentunya ada kalanya sulit atau membosankan. Kondisi tersebut harus dinikmati dan dijalankan dengan baik. Promosi dan gaji yang lebih tinggi adalah hal yang paling sering dijadikan alasan untuk tetap bertahan dengan pekerjaan yang sedang dilakukan. Jika dirasa sulit dan tidak dapat mengerjakan pekerjaan tersebut dengan baik, ada baiknya mencari tahu bagaimana menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik.

4. Menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang yang ahli dalam bidangnya

Ada baiknya jika Anda memperlakukan setiap pekerja dengan baik. Anda tidak akan menyadari bagaimana  berharganya kebaikan tersebut kelak. Ada baiknya untuk tidak bergaul dengan mereka yang saling mencaci antar karyawan.

5. Selalu ambil kesempatan menambah keahlian

Ketika Anda diberi kesempatan untuk dapat mempelajari keahlian baru, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Kesempatan seperti ini akan memberikan pelajaran, dan juga keahlian baru. Dengan begitu maka Anda akan dapat bekerja dengan lebih baik.

6. Pertahankan catatan prestasi Anda

Yang dimaksud adalah tidak pernah bolos, selalu masuk kerja tepat waktu, selalu dapat mengerjakan tugas dengan baik, dll. Dengan begitu maka Anda tidak apa pernah mendapatkan teguran negatif apapun. Hal seperti yang akan sangat berarti bagi kelangsungan karier Anda.

7. Selalu tepat waktu

Ada baiknya untuk datang 15 menit lebih awal, hal ini dilakukan untuk mencegah keterlambatan mendadak. Ketika Anda bekerja sama dengan klien dan melakukan janji, maka Anda akan siap menyambut klien tersebut.

Nilai performa

8. Ada baiknya meminta atasan untuk menilai Anda

Yang dimaksud adalah meminta atasan untuk menilai hasil kerja yang Anda lakukan dan hal tersebut yang akan membuat Anda merasa lebih terdepan dari pekerja yang lain. Itu berarti bahwa Anda harus dapat bekerja dengan lebih giat lagi.

9. Berusaha menjadi solusi

Ketika Anda sedang menapatkan masalah, ada baiknya untuk tidak segera bertanya tentang solusi yang baik pada atasan. Sebaiknya Anda mencari minimal 1 buah solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Pada dasarnya setiap orang mempunyai masalah, begitupun dengan atasan Anda. Ketika Anda datang dengan membawa masalah baru, namun setidaknya mempuyai sedikit cara untuk mengatasinya, setidaknya itu akan membantu untuk mempermudah mengatasi masalah yang ada.

10. Jangan tunda pekerjaan

Jika diberi pekerjaan ada baiknya untuk tidak menunda untuk menyelesaikannya. Jika Anda menunda pekerjaan kemudian terburu-buru menyelesaikan dengan tenggang waktu, maka hasilnya tentu tidak akan baik.

11. Bekerja dengan tenang dan jangan banyak bicara

Menjalin hubungan baik dengan rekan kerja memang tidak dilarang. Namun sebaiknya kita dapat menempatkan dimana waktu yang baik untuk mengobrol dan kapan waktu untuk bekerja. Terlebih bergosip dengan rekan pada jam kerja, itu akan menjadi nilai yang buruk dimata atasan Anda.

12. Selalu produktif

Jangan biarkan pekerjaan menumpuk di meja Anda, kerjakan satu persatu dengan begitu maka Anda dapat mengerjakan pekerjaan berikutnya.

13. Selalu percaya diri

Ketika kita selalu percaya diri maka itu akan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Tentunya  ketika kita bekerja dengan tidak percaya diri, maka hasilnya juga tidak akan baik. Sebaiknya tidak percaya diri  berlebihan.

14. Selalu aktif dalam pekerjaan Anda

Selalu aktif dalam setiap pekerjaan, atau selalu aktif dalam setiap proyek yang ada sangkut pautnya dengan jenis pekerjaan Anda, atasan Anda akan mengetahui jenis pekerjaan yang paling baik dilakukan oleh Anda.

15. Jangan sia-siakan waktu

Tentunya tidak baik jika terlalu banyak melakukan panggilan telfon pribadi ketika sedang bekerja. Sebaiknya gunakan panggilan telfon pribadi hanya untuk kondisi darurat.

16. Menawarkan bimbingan untuk para karyawan baru

Tentunya Anda pernah merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang pendatang baru, dengan memberikan sedikit pelatihan dan bimbinga pada karyawan baru, tentunya akan membuat mereka merasa nyaman. Sebaiknya beri pelatihan yang baik, jangan bebani mereka dengan keluhan dan hal buruk lainnya.

17. Tidak banyak berdebat

Sikapi segala macam kebijakan perusahaan dengan bijak, ketika Anda banyak berdebat tentunya akan membuat rasa tidak nyaman di area kerja. Namun  ketika Anda menyikapi segala sesuatu maka hasilnya tentu akan berbeda.

18. Selalu mengucapkan terima kasih

Ketika Anda selalu mengucapkan terima kasih setiap melakukan segala sesuatu maka itu akan memberikan efek positif pada setiap orang.

1 Comment

  • Fimoto

    Bagus sekali artikelnya begitu lengkap, kalau tips menjadi wirausahawan adakah? Kalau ada saya minta tipenya.

LEAVE A COMMENT